KONTES SAPI SONOK DALAM UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL DI ERA GLOBAL

KATA PENGANTAR 

                        Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat Rahmat,Taufik dan Hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas Pekan Kreatifitas Mahasisa (PKM) ini. Shalawat dan salam senantiasa kami haturkan kepada Rasulullah SAW yang telah berhasil dan sukses membawa manusia dari alam jahiliyah menuju alam islamiyah.

                        Dalam penyusunan Pekan Kreatifitas Mahasisa (PKM) penulis menyampaikan terima kasih kepada bapak ihsanuddin selaku dosen Pembina mata kuliah “ Berfikir ilmiah “yang telah membimbing dan mengarahkan kami.

                        Semoga Allah membalas jasa baiknya dan penulis menyadari bahwa dalam penulisan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ini masih terdapat kesalahan, tapi hanya inilah hasil optimal dan pemikiran penulis. Oleh karena itu, penulis senantiasa mengharapkan kritikan dan saran yang konstruktif dari pembaca demi sempurnanya penulisan dimasa yang akan datang.

Bangkalan,      Oktober  2011

Penulis,

KONTES SAPI SONOK DALAM UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL DI ERA GLOBAL

 

Oleh: Musfiqur Rahman

Jurusan agribisnis

Fakultas Pertanian

Universitas Trunojoyo

 

RINGKASAN

Madura merupakan pulau yang kaya akan budaya tradisional. Oleh karena itu, dalam program kreatifitas mahasiswa ini penulis mengusulkan gagasan yang berjudul “Kontes Sapi Sonok dalam Upaya Melestarikan Budaya Lokal di Era Globalisasi”sebagai salah satu wujud dalam upaya melestarikanbudaya lokal yang mulai kuncup di era glabalisasi ini. Maka dari itu penulis mempunyai inisiatif untuk mengusulkan sebuah  gagasan dalam upaya mempertahankan  budaya tradisional  yang ada di pulau Madura di era globalisasi ini.

Madura merupakan salah satu pulau yang kaya akan budaya tradisional, yang mampu menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing, salah satunya adalah kontes sapi sonok, kontes sapi sonok adalah sebuah perayaan yang biasanya di selenggarakan setelah pasca panen tembakau, hal ini merupakan salah satu wujud masyarakat madura dalam mempertahankan budaya lokal yang mulai kuncup di era globalisasi ini.

Kontes sapi sonok ini merupakan perayaan yang sudah menjadi tradisi tahunan di pulau madura. Masyarakat madura biasanya menyelenggarakan kontes ini  untuk mengawali acara pesta rakyat karapan sapi.

BAB I
PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG

Sapi Sonok berasal dari bahasa Madura yaitu dari kata “srono” atau “nyono” yang berarti masuk. Masuk di sini adalah berkaitan dengan awal mula budaya ini, yang kerap digunakan menyambut tamu yang datang di rumah warga Madura. Jadi secara budaya, Sapi Sonok adalah sebuah simbol kesopanan dalam bertingkah laku. Karena simbol dan makna itulah, sejak sekitar tahun 1970-an di Madura, Sapi Sonok mulai digunakan sebagian masyarakat untuk penyambutan tamu dalam berbagai acara. Misalnya pada acara pernikahan, ataupun khitanan, Selain menjadi wadah untuk mempererat hubungan sosial, Sapi sonok juga memiliki makna budaya dan tehnologi, jika ditinjau dari aspek budaya, kontes sapi sonok ini menggambarkan sebuah hasil kreasi masyarakat Madura yang menjadi kebanggaan tersendiri. Sedangkan dari aspek tehnologi, lahirlah tehnologi untuk membibitkan sapi yang berkualitas dan menjaga kelestarian spesies sapi Madura.

B.     RUMUSAN MASALAH
  1. Bagaimana cara kita untuk menjaga kelestarian budaya sapi sonok di era globalisasi ini?
  2. Apa yang harus dilakukan pemerintah agar budaya sapi sonok di Madura tetap terjaga kelestariannya?
C.     TUJUAN DAN MANFAAT

Tujuan penulisan gagasan yang ingin dicapai oleh penulis adalah:

  1. Memberikan pandangan kepada pembaca tentang pentingnya melestarikan budaya lokal di era globalisasi
  2. Memberikan ilmu pengetahuan tentang pelestarian budaya sapi sonok di era globalisasi

Manfaat dari penulisan gagasan ini adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan pencerahan kepada pembaca tentang pentingnya melestarikan budaya sapi sonok di era global
  2. Memberikan ilmu pengetahuan kepada pembaca tentang kontes sapi sonok sebagai salah satu upya melestarikan budaya lokal di era globalisasi
BAB II
PEMBAHASAN
A.     KONTES SAPI SONOK

Madura merupakan salah satu pulau yang mempunyai keunikan tradisi atau budaya yang mampu mengundang wisatawan lokal maupun asing. Selain karapan sapi pulau  Madura juga memiliki aset budaya “Sapi Sonok”. Sapi sonok merupakan dua ekor sapi betina yang dihiasi dan dipercantik sedemikian rupa untuk di perlombakan.Sapi Sonok merupakan sapi yang berjenis kelamin betina.Dalam kontes sapi sonok kriteria penilaiannya adalah keindahan sapi saat berjalan dan berpakaian. Kontes Sapi Sonok tersebut diadakan sebagai upaya untuk memperkenalkan tradisi Sapi Sonok ke masyarakat luas, serta untuk menjaga kelestarian budaya sapi sonok di era globalisasi.

Selain sebagai tradisi tahunan, kontes sapi sonok juga menjadi salah satu objek wisata musiman di pulau Madura, hal ini menjadikan pulau Madura sebagai pulau pariwiasata dalam bidang kebudayaan. Menurut D. Zawawi Imron mengatakan bahwa Budaya sapi sonok dinilai sebagai upaya untuk menjauhkan masyarakat dari unsur penganiayaan terhadap hewan. Kontes sapi sonok adalah salah satu upaya masyarakat Madura untuk menjaga kelestarian nenek moyang yang sudah menjadi tradisi turun-temurun di pulau Madura, selain itu kontes sapi sonok juga mampu mempersatukan hubungan sosial dikalangan masyarakat Madura serta sebagai bahan hiburan yang mampu mengundang wisatawan untuk  menyaksikan keunikan budaya pulau Madura.

  • sosial

Sapi sonok merupakan salah satu wadah untuk mempererat tali silaturrahmi di kalangan masyarakat Madura. Hal ini menjadi salah satu figureatau gambaran ke masyarakat umum bahwa masyarakat Madura mampu untuk menciptakan budaya kerukunan dan menjadi salah satu bukti kepada masyarakat bahwa masyarakat Madura adalah masyarakat yang cinta akan perdamaian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: