MAKALAH tentang POSITIF THINKING

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat Rahmat,Taufik dan Hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.

                        Shalawat dan salam senantiasa kami haturkan kepada Rasulullah SAW yang telah berhasil dan sukses membawa manusia dari alam jahiliyah menuju alam islamiyah.

                        Dalam penyusunan makalah ini penulis menyampaikan terima kasih kepada dosen Pembina mata kuliah “ Pengatar Iptek “ oleh Bapak Agus salim yang telah membimbing dan mengarahkan kami.

                        Semoga ALLAH SWT membalas jasa baiknya dan penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih terdapat kesalahan.tapi hanya inilah hasil optimal dan pemikiran penulis.Oleh karena itu, penulis senantiasa mengharapkan kritikan dan saran yang konstruktif dari pembaca demi sempurnanya penulisan dimasa yang akan datang.

                        Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.Hanya kepada Allah jualah penulis memohon dan berserah diri,Amin ya robbal ‘alamin

Bangkalan,12 Oktober 2011

Penulis,

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………………………  i

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………  ii

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………. iii

BAB I     PENDAHULUAN ………………………………………………………………………  1

1.Latar Belakang Masalah ……………………………………………………………..  1

               2.Rumusan Masalah……………………………………………………………………… 1

               3.Tujuan Masalah…………………………………………………………………………. 1

BAB II    PEMBAHASAN…………………………………………………………………………. 2

A. Pengertian positif thinking …………………………………………………………..  2

B. manfaat berpikir positif  ……………………………………………………………..  3

C. langkah – langkah agar selalu berpikir positif…………………………………. 5

D. cara mnerapkan konsep berpikir positif………………………………………. 5

BAB III   PENUTUP …………………………………………………………………………………  8

A.Kesimpulan …………………………………………………………………………….. 8

B.Saran……………………………………………………………………………………… 8

 DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………. 9

 

BAB 1

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

            Selama kita hidup, baik secara sadar ataupun tidak, pkiran menjadi segala sesuatu dan kita menjadi pikiran kita. Penampilan luar kita merupakan refleksi dunia dalam diri kita. Kita menjadi apa yang kita pikirkan karena pikiran kita memberikan energy yang mewujudkan sesuatu yang kita ingin kita ciptakan. Dalam kehidupan kita mngenal positif thinking (berpikir positif),  dalam berpikir positif  (positif thinking) menggambarkan suatu sikap atau perilaku yang selalu posotif dalam menyikapi kehidupan ini.

            Berpikir positif membuat perbedaan besar dalam hidup kita. Karena sikap yang baik dimulai dari berpikir positif. Berpikir positif memiliki peran penting dalam pembentukan setiap individu. Kekuatan berpikir positif merupakan unsur terpenting dalam menentukan jenis kehidupan kita. Selanjutnya akan dibahas dalam makalah ini mengenai kajian tentang berpikir positif (positif thinking).

B.Rumusan Masalah

1.apakah yang dimaksud dengan berpikir positif ( positif thnking) ?

2.apa manfaat dari berpikir positif (positif thinking)?

3.apa saja langkah – langkah agar selalu berpikir positif ?

4.bagaimana cara menerapkan konsep berpikir positif dalam kehidupan?

C.Tujuan Masalah

  • Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan berpikir positif (positif thinking)
  • Untuk mengetahui manfaat dari berpikir posotif (positif thinking)
  • Agar kita dapat menerapkan cara berpikir positif dalam kehidupan ini

BAB II

PEMBAHASAN

Positif Thinking yang dalam bahasa pribuminya sama dengan berpikir positif adalah sebuah sikap atau prilaku, serta cara pandang seseorang yang selalu positif dalam mensikapi kehidupan ini.

            Positif Thinking hanyalah modal dasar seseorang dalam kehidupan, karena dengan semakin kompleknya masalah yang kita hadapi apabila hanya berpikir positif saja tidaklah cukup. Selanjutnya setelah berpikir positif kita harus positif Change atau berubah menjadi semakin baik.Dengan bersikap positif (Positif thinking) bukan berarti telah menjamin tercapainya suatu keberhasilan. Namun, bila sikap kita positif, setidak-tidaknya kita sudah berada di jalan menuju keberhasilan. Berhasil atau tidaknya kita nantinya ditentukan oleh apa yang kita lakukan di sepanjang jalan yang kita lalui tersebut.

Kehidupan dan kebahagiaan seseorang tidaklah bisa diukur dengan ukuran gelar kesarjanaan, kedudukan maupun latar belakang keluarga. Yang dilihat adalah bagaimana cara berpikir orang itu. Memang kesuksesan kita lebih banyak dipengaruhi oleh cara kita berpikir.

Dengan bersikap positif bukan berarti telah menjamin tercapainya suatu keberhasilan. Namun, bila sikap kita positif, setidak-tidaknya kita sudah berada di jalan menuju keberhasilan. Berhasil atau tidaknya kita nantinya ditentukan oleh apa yang kita lakukan di sepanjang jalan yang kita lalui tersebut.

Tidak semua orang menerima atau mempercayai pola berpikir positif. Beberapa orang menganggap berpikir positif hanyalah omong kosong, dan sebagian menertawakan orang-orang yang mempercayai dan menerima pola berpikir positif. Diantara orang-orang yang menerima pola berpikir positif, tidak banyak yang mengetahui cara untuk menggunakan cara berpikir ini untuk memperoleh hasil yang efektif. Namun, dapat dilihat pula bahwa semakin banyak orang yang menjadi tertarik pada topik ini, seperti yang dapat dilihat dari banyaknya jumlah buku, kuliah, dan kursus mengenai berpikir positif. Topik ini memperoleh popularitas dengan cepat.

            Dalam berpikir positif (positif thinking)  melibatkan proses memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif(membangun) bagi perkembangan pikiran anda. Pikiran positif menghadirkan kebahagiaan, sukacita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan anda. Berpikir Positif diawali dengan sebuah keyakinan pada diri sendiri. Keyakinan bahwa dirinya mampu. Keyakinan yang mengatakan bahwa diri beliau “bisa”. Jika Anda melihat diri Anda “bisa”, maka Anda akan “bisa”. Jika Anda melihat diri Anda akan menghasilkan, maka Anda akan menghasilkan. Jika Anda tidak bisa melakukan hal seperti ini, maka Anda masih dikuasai oleh pikiran negatif.

Berpikir positif bukan merupakan tujuan melainkan suatu jalan untuk mencapai tujuan. Menjadikan berpikir positif sebagai tujuan memang membawa manfaat tetapi manfaat tersebut belumlah seberapa jika dibandingkan dengan manfaat yang didapat jika berpikir positif dijadikan sebagai suatu jalan.

Berikut manafaat dar berpikir positif (positif thinking) :

1. Mengatasi stres : Berpikir positif membantu Anda mengatasi situasi stres, mengabaikan pikiran negatif, mengganti pikiran pesimis menjadi optimis, mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Ketika Anda mengembangkan sikap positif Anda bisa mengontrol hidup Anda dengan baik.

2. Menjadi lebih sehat : Pikiran kita secara langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana cara bekerjanya. Ketika Ada mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, kepercayaan dan kedamaian, bukannya dengan kebencian, kecemasan, dan kekhawatiran, maka Anda akan merasakan kesejahteraan. Dan ini berarti Anda tidak mengalami gangguan saat tidur, tidak merasakan ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan. Orang-orang yang berpikir negatif lebih muda terkena depresi.

3. Percaya diri : Dengan berpikir positif, maka Anda lebih percaya diri dan tidak untuk menciba menjadi orang lain. Jika Anda tidak percaya diri Anda tidak akan pernah mendaptkan kehidupan yang lebih baik.

4. Bisa mengambil keputusan yang benar : Berpikir positif mencegah Anda memilih keputusan yang salah atau melakukan hal yang bodoh yang kemudian Anda sesali. Berpikir positif membuat Anda memilih keputusan dengan cepat.

5. Meningkatkan fokus : Menggunakan pikiran positif membantu Anda lebih fokus saat menghadapi masalah. Jika Anda berpikir negatif akan membuang-buang waktu, dan energi Anda.

6. Bisa mengatur waktu lebih baik : Dengan meningkatnya fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, Anda akan lebih terorganisir. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai.

7. Lebih sukses dalam hidup : Sikap positif tak hanya bisa meningkatkan fokus Anda dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik tetapi mengarahkan Anda pada kebahagian dan keberhasilan saat m engubah hidup Anda.

8. Memiliki banyak teman : Ketika berpikir positif, Anda akan menarik perhatian orang-orang dan ketika orang-orang tersebut dekat dengan Anda mereka akan merasa nyaman.

9. Menjadi pemberani : Ketakutan berasal dari pikiran negatif. Menjadi pemikir positif menghilangkan rasa takut. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa Anda tetap positif Anda akan tahu bahwa apapun yang terjadi dalam hidup Anda, Anda dapat menghadapinya.

10. Hidup lebih bahagia:  Percaya diri merupakan suatu fakta bahwa Anda bahagia menjadi diri Anda sendiri dan tidak mencoba untuk menjadi orang lain. Jika Anda memiliki semangat berpikir positif, Anda selalu mengantisipasi hidup bahagia, damai, tawa, kesehatan yang baik dan kesuksesan finansial.

Langkah – langkah agar selalu berpikir positif :

– Jadilah optimis dan mengharapkan hasil yang baik dalam segala situasi.

– Cari alasan untuk tersenyum lebih sering.

– Visualisasikan hanya apa yang Anda inginkan terwujud

– Libatkan diri Anda dalam kegiatan rekreasi menyenangkan.

– Baca dan kutipan yang inspirasional.

– Ikuti gaya hidup sehat. Olahraga setidaknya tiga kali seminggu.

–  Bergaulah dengan orang yang selau berpikir positif.

Belajar berpikir positif dapat kita lakukan dimana-mana, di setiap
langkah kehidupan yang harus kita lalui. Semakin kita mau belajar untuk berpikir positif dan tetap berusaha berpikir positif, maka itu sama artinya kita telah mengembangkan kualitas diri kita tanpa harus kita membuat kesalahan yang tidak perlu kita lakukan.

Bagaimanakah caranya agar seseorang dapat menerapkan konsep berpikir
positif dalam kehidupan?

Pada dasarnya, ada sejumlah point yang harus dipelajari :

1 . Belajarlah untuk berpikir kritis, dimana kita harus mempertimbangkan
adanya hal-hal yang membentuk suatu masalah dari berbagai sisi.
Contohnya : dengan tidak mudah menerima adanya informasi atau berita
yang tidak atau belum pasti kebenarannya. Pola berpikir kritis juga kita terapkan terhadap pendapat, tanggapan, atau pandangan orang lain, dimana sikap kritis tersebut bermanfaat untuk memberikan perbandingan apakah alur pemikiran kita sudah benar atau belum.

2. Sebelum bertindak atau mengambil keputusan, berpikirlah terlebih
dahulu. Jangan bertindak atau mengambil keputusan terlebih dahulu, baru
memikirkan kenapa kita bertindak atau membuat keputusan demikian.

3. Bersikaplah terbuka terhadap segenap pendapat atau masukan dari orang
lain. Dalam hal ini, kita harus selalu bersedia dikoreksi orang lain

4. Sebelum mengambil keputusan penting, bersikaplah hati-hati dan buatlah
perhitungan-perhitungan yang sesuai dengan logika atau cara berpikir
dengan nalar yang benar, untuk menghindari keluarnya sebuah keputusan
yang diambil secara gegabah.

5. Perluas wawasan dan asah terus kemampuan analisis kita terhadap
permasalahan yang ada sehingga kita tidak cepat menghadirkan prasangka
atau penilaian buruk pada orang lain atau pada situasi yang memerlukan
penilaian tepat dan benar.

6. Biasakan melakukan kegiatan check dan recheck untuk setiap informasi
yang kita ragukan kebenarannya.

7. Selalu menanamkan pikiran optimis dalam benak pikiran kita.

8. Berusahalah untuk tidak mempersulit orang lain, namun ajari orang lain
untuk dapat berpikir dengan cara-cara yang benar dalam mengambil
keputusan.

9. Selalu bersikap tenang pada saat ingin mengambil keputusan.

10. Sebelum mengambil keputusan, pertimbangkan segala sesuatunya dengan
seksama

11. Jangan kita selalu menganggap benar terhadap segala sesuatu yang kita
sukai, dan cepat menolak untuk setiap pendapat, saran, atau tanggapan
yang diberikan orang lain.

12.  Bersikaplah jujur pada diri sendiri, dengan belajar dari kesalahan,
mengakui adanya kekurangan serta kelebihan dalam diri kita, dan tidak
mudah terpancing oleh hal-hal praktis namun sesungguhnya kepraktisan
itu bukanlah konsep berpikir yang benar. Apabila semuanya itu bisa kita lakukan atau terapkan, maka kita telah melatih diri kita untuk selalu berpikir positif untuk setiap peristiwa yang harus kita hadapi dalam hidup ini, meskipun mood kita sedang tidak baik.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Berfikir positif merupakan hal yang penting bagi manusia dalam menjalani kehidupan. Untuk menghadapi suatu permasalahan dalam hidup,bisa melihat diri dalam berbagai aspek khususnya dalam memecahkan permasalahan, namun berfikir positif juga perlu bahkan harus di dukung dengan usaha untuk berubah menjadi lebih baik.

Untuk  berfikir positif memerlukan langkah-langkah yang harus dilakukan dimana hal ini menjadi faktor pendukung  demi terciptanya seorang yang menjiwai  hal tersebut. Namun inilah hal yang perlu kita perhatikan sebagai berikut. Jadilah optimis,usahakan lebih sering tersenyum,libatkan diri anda dengan suasana yang menyenangkan

Berfikir positif bukan suatu tujuan melainkan suatu jalan untuk mencpai manfaat yang diantaranya,mengatasi stress,menjadi lebih sehat,percaya diri,bisa mengambil keputusan,bisa meningkatkan konsentrasi,bisa mengatur dengan baik,lebih sukses dalam hidup,memiliki banyak teman,menjadi pembrani dan hidup lebih baik.

SARAN

kami kira untuk menghadapi atau  menyelesaikan suatu permasalahan sebaiknya dengan cara berfikir positif karena hal itu   merupakan cara yang dapat mempermudah baik cara pandang atupun pemecahan masalah. Dimana hal ini banyak  memberikan manfaat dari berbagai aspek diantaranya adalah dapat merasa percaya diri, menjadi pemberani, bisa meningkatkan konsentrasi dan tentunya biasa lebih baik dan sukses.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.sabdaspace.org/berpikir_positif_sarlen

http://www.akuinginsukses.com/kekuatan-berpikir-positif/

http://blog.uin-malang.ac.id/mykingdom/2011/09/30/hidup-dengan-positif-thinking/

http://health.kompas.com/read/2011/08/06/10050416/Inilah.10.Keuntungan.Positive.Thinking.

http://www.didiksugiarto.com/2008/11/how-to-be-positif-thinking.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: